Jumat, 29 Juli 2016

Teknologi 3G Akan Booming Tahun Depan


Jatis Ecom, salah satu pemain dalam bisnis mobile content untuk telekomunikasi selular di Indonesia, memperkirakan bahwa layanan 3G akan mengalami booming pada kwartal ketiga 2006. Perkembangan GSM ke 3G juga dianggap sebagai hal yang tak terelakkan lagi. Hasnil Fajri, Vice President Head of Sales Telecommunication Industry Jatis Ecom, menyatakan 3G merupakan investasi besar yang wajib dilakukan. 

Menurut Hasnil Fajri, untuk meraih peluang dari 3G tersebut ada beberapa pihak yang perlu diperhatikan, termasuk regulator dan operator. Teknologi berbasis Wideband CDMA atau 3G, menurutnya tidak akan bagus traffic-nya pada kuartal pertama 2006. Pemain di masa-masa awal ini adalah CAC dan Natrindo, pemegang lisensi 3G awal. "Begitu 3G jalan, awal-awal traffic-nya gak akan bagus dan baru seperti soft launch," kata Hasnil. "Tergantung edukasi pasar dan pricing juga, siapa yang mau pakai tarif premium sih?" tambahnya. 

Pada masa-masa awal itu, lanjut Hasnil, fungsi 3G belum akan terlalu banyak dipakai. Fungsi komunikasi suara dan pesan singkat masih akan mendominasi. 

Selanjutnya pada kuartal kedua operator besar seperti Telkomsel, Indosat dan XL baru akan mengeluarkan layanan 3G. Saat itu, ujar Hasnil, layanan 3G baru akan mengalami sedikit lonjakan. 

Pada kuartal ketiga, layanan 3G diperkirakan akan mengalami gejolak pada permintaan pasar. Hal itu juga memungkinkan subsidi silang yang dilakukan antara pihak operator dan vendor pemasok handset 3G. "Otomatis harga mungkin akan turun dengan harga paketan," ujarnya. 

Jatis Ecom, lanjut Hasnil, mulai menyiapkan konten untuk layanan 3G. Ini termasuk aplikasi video streaming dan konten lainnya. 


http://www.studiohp.com/news_detail.php?id=5008&sub=lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar